Cari Blog Ini

Senin, 20 Juni 2011

Workshop PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA MELALUI PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PAUD

Jumat, 17 Juni 2011

Tribun Lampung - Jumat, 17 Juni 2011 15:09 WIB

reporter


Setyo Harjanto
Volunteer di Sinode GKSBS
Melaporkan dari Lampung Timur

Sosialisasi tentang pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini dirasa belum maksimal. Hal ini dikarenakan, program yang diusulkan desa atau kecamatan, masih didominasi tentang peningkatan perekonomian dan pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut dikemukakan Takdirulloh, Kabid Sos Bud dari BAPPEDA Kabupaten Lampung Timur. Dia mengatakan, meski prioritas program pembangunan daerah Lampung Timur adalah perekonomian,

kualitas pendidikan dan kesehatan, percepatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Namun, masalah pendidikan terutama PAUD masih sangat minim.

Bahkan dari anggaran belanja Diknas Lampung Timur sebesar Rp 56 miliar, dana untuk PAUD hanya Rp 600 juta. Data-data tersebut terungkap dalam workshop Perencanaan Pembanguan Desa Pada Pengembangan PAUD dengan tema "Penyelenggaraan PAUD Yang Mudah, Murah dan Bermutu" yang diselenggarakan Konsorsium Bina Atmaja (KBA).

Sementara Purna Adi Swasana, Ketua Panitia Workshop menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan memahami kebijakan pemerintah daerah tentang PAUD yang meliputi kebijakan

anggaran dan kebijakan pengelolaan PAUD. Disamping itu, ini dilakukan untuk merangsang masyarakat dan pemerintah desa agar mengerti dan memahami pentingnya pendidikan bagi anak usia dini.

Kegiatan ini digelar di Pugungraharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur dan dibuka oleh Ibu Tutwuri Handayani yang mewakili Camat Sekampung Udik. (leo)

Editor : teguh_prasetyo


KERANGKA ACUAN
WORKSHOP PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA MELALUI PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


1. LATAR BELAKANG

Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.
Pendidikan usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini, seperti : Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, Satuan Paud Sejenis maupun Taman Kanak-kanak sangat tergantung pada sistem dan proses pendidikan yang dijalankan.
Dewasa ini pertumbuhan akan sarana tempat pendidikan anak usia dini secara kuantitas memang semakin bertambah, hal ini karena beberapa lembaga/yayasan serta pemerintah memiliki kepedulian akan pentingnya pendidikan anak sejak dini, namun demikian kalau dilihat dari sisi kualitas baik tenaga pendidik dan fasilitas belajar, bermain serta sarana pendukung lain yang ada di PAUD masih belum sesuai yang di harapkan masyarakat pada umumnya. Dengan demikian dipandang perlu adanya upaya meningkatkan kualitas lembaga PAUD sehingga dapat menjawab kebutuhan anak didik.
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Anak Usia Dini diperlukan adanya kerjasama semua pihak yang terkait baik pemerintah daerah ,para stakeholder, masyarakat dan lembaga swasta lainnya untuk membantu baik secara fisik maupun non fisik agar proses pembelajaran tetap berjalan dan memperoleh hasil yang maksimal.
Lembaga Dana Atmaja (LDA) yang tergabung dalam Konsorsium Bina Atmaja (KBA) Lampung akan melaksanakan kegaiatan workshop sebagai upaya peningkatan kualitas PAUD.


2. TUJUAN
1. Mengetahui dan memahami kebijakan Pemerintah Daerah tentang PAUD meliputi Kebijakan Anggaran bagi PAUD dan Kebijakan Pengelolaan PAUD
2. Memberikan pemahaman tentang prosedur/mekanisme pengalokasian anggaran PAUD melalui Musrenbang

3. OUT PUT
1. Masyarakat khususnya Pemerintah Desa mengerti dan memahami pentingnya pendidikan bagi anak usia dini
2. Masyarakat memperioritaskan kebutuhan-kebutuhan PAUD dalam perencanaan pembangunan melalui musrenbang
3. Adanya usulan program bagi peningkatan kualitas PAUD didalam musrenbang

4. SASARAN
Peserta Worksop ini berjumlah 70 Orang yang terdiri dari :
a. Unsur Tenaga Pendidik PAUD dari 3 Kecamatan (32 desa) :
- Kader PKK/Tendik PAUD = 29 org
b. Pemerintah Desa
- 1 org x 32 Desa = 32 org
c. Panitia
- Staf Lembaga Dana Atmaja = 4 org
d. Narasumber
- Bappeda Kab. Lampung Timur = 2 org
- Dinas Pendidikan Kab. Lampung Timur = 2 org
- DPRD Kabupaten Lampung Timur = 1 org
Jumlah total = 70 org

5. WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN
Pelatihan ini akan dilaksanakan pada :
Hari : Senin
Tanggal : 13 Juni 2011
Tempat : Gedung Serba Guna (GSG) Perpustakaan Torch
Pugungraharjo, Kec. Sekampung Udik Lam-Tim
(sanping Gereja Pugungraharjo)

6. TOTAL ANGGARAN 7. 825.000

7. KEPANITIAAN
Penanggung Jawab : Pimpinan LDA/KBA
Ketua Panitia : Purna Adi Swasana
Sekertaris : Sudarnanto
Bendahara : Sulikah
Seksi – seksi :
Akomodasi/Transportasi : Johandri
Perlengkapan : Sularso
Dokumentasi/Notulensi : Sukidi

8. NARASUMBER
Narasumber dalam Workshop adalah Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur dan Ketua DPRD Lampung Timur





9. MATERI DAN JADWAL

HARI/ TANGGAL WAKTU/PUKUL MATERI KETERANGAN
Senin
13/06/2011 08.00 – 08-30 Pendaftaran
90.00 – 10.00 Pembuakaan (ceremony)
10.00 – 12.00 Kebijakan Direktorat PAUD NI Dinas Pendidikan
12.00 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 15.00 Kebijakan Pemerintah Daerah tentang prosedur/mekanisme pengalokasian
anggaran (PAUD) melalui Musrenbang BAPEDA, DPRD
15.00 – 16.00 Plan Of Action
16.00 – 16.30 Penutupan (ceremony)




10. PENUTUP

Demikianlah kerangka acuan kerja ini dibuat, semoga pihak-pihak yang terkait bisa melihat kegunaan yang besar jika program ini terlaksana.



Bandar Lampung, 30 Mei 2011
Hormat kami,


Purna Adi Swasana
Koordinator Program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar